MUSRENBANGDES DESA BUMIHARJO WINONG PATI TAHUN 2019

Agenda tahunan yang harus dilaksanakan oleh desa diakhir tahun adalah Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Musrenbangdes Desa Bumiharjo dilaksanakan pada tanggal 12 Nopember 2018 pukul.13.30 wib yang dihadiri oleh lembaga lembaga desa yakni BPD, Ketua RT, Ketua RW, Karang Taruna, LPMD, PKK, Tokoh Masyarakat, Perangkat Desa, Kepala Puskesmas 1 Winong serta Jajaran Muspika Kecamatan Winong Kabupaten Pati.

Acara dibuka oleh Bapak Sumari selaku Kepala Desa Bumiharjo dengan himbauan agar Rapat Musrenbangdes kali ini benar-benar bisa secara optimal menyerap masukan dari masyarakat melalui lembaga lembaga yang di undang sebagai penyambung suara masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Tahun 2019. Dilanjut sambutan  dari Bapak Supriyo.BA. selaku Sekretaris Camat Winong wakil dari pihak Kecamatan Winong yang memberikan arahan agar Dana Desa yang sudah berjalan 4 tahun perlu di pikirkan juga tentang Pemberdayaan Masyarakat, Pelatihan kepemimpinan serta Pelatihan Ketrampilan untuk warga. Dan setelah aspirasi terkumpul tugas desa adalah pembentukan tim 11 yang selanjutnya akan merumuskan menyusun terbentuknya poin poin pokok pembangunan di tahun 2019.

Dari pihak Polsek Winong yang di wakili oleh Bapak Patno menghimbau agar dalam pelaksanakan Dana Desa dilaksanakan dengan baik sesuai RAB. Bilamana ada kegiatan yang bersinggungan dengan milik warga agar dirembug terlebih dahulu mencapai mufakat agar kelak tidak timbul masalah di kemudian hari. Selain itu juga Pak Patno juga menghimbau kepada warga bahwa nanti di tahun 2019 ada agenda Pesta Demokrasi hendaknya warga tetap menjaga kondisi tetap kondusif tercipta suasana aman tentram damai.

Perlu juga disampaikan bahwa saat ini Dana Desa yang sebagian dananya untuk pembentukan BumDes mulai Bulan Desember 2018 BumDes Desa Bumiharjo yang bergerak di bidang PPOB siap melayani berbagai pembayaran tagihan  Listrik, pulsa listrik, angsuran kredit berbagai leasing yang ditangani oleh tenaga terampil dari para pengurus BumDes Desa Bumiharjo.

Tak kalah pentingnya juga bahwa nanti di tahun 2019 Desa Bumiharjo akan mendapatkan Bantuan PAMSIMAS untuk itu peran serta masyarakat dibutuhkan demi kelancaran program tersebut.

Acara MusrenbangDes ini juga dihadiri oleh Kepala Puskesmas 1 Winong beliau berpesan agar Desa Bumiharjo yang pernah menjadi Juara 1 Lomba 10 program Pokok PKK Tingkat Kabupaten pada Tahun 2017 agar tetap meningkatkan Program Program yang ada kaitanya dengan kesehatan melalui Forum Kesehatan Desa (FKD) tentunya perlu dukungan dana yang memadai agar bisa berjalan sesuai dengan harapan begitu juga dengan Posbindunya agar tetap aktif melayani masyarakat tiap bulan sesuai jadwal yang telah ditentukan begitu tambahya yang disampaikan oleh Bapak Muhadi selaku Kepala Puskesmas 1 Winong.

Sedangkan masukan usulan dari peserta rapat melalui Bapak Sarman.HS agar ada kelanjutan pembangunan Talud di Wilayah RT 05 RW 02 yang tembus sawah timur desa. Dari bapak Sulistya EA selaku ketua RW 01 mengharap agar Tim 11 benar-benar memprioritaskan program Dana Desa sesuai skala prioritas. Untuk harapan lain juga disampaikan oleh Bapak Moh. Zubaedi perwakilan anggota LPMD agar adanya transparansi dalam pelaksanaan Program Dana Desa yang laporan pertanggungjawabannya diketahui juga oleh warga.

Dengan selesainya pengumpulan aspirasi warga yang tertulis serta dibaca langsung oleh Ibu Puji Astuti, S.Sos, MA. selaku Sekretaris Desa Bumiharjo maka selesai pula acara Musrenbangdes Desa Bumiharjo Kecamatan  Winong Kabupaten Pati di akhiri.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan