PROGRAM JAMBANISASI BAGI WARGA KURANG MAMPU DESA BUMIHARJO WINONG PATI

Bumiharjo-  Di akhir Tahun 2018 Kemarin Pemerintah Desa Bumiharjo mendapatkan Bantuan dari Kodim 0718 Pati berupa Closed, Bis beton/suling  dan Tutup bis beton sebanyak 17 unit. Ini merupakan bakti nyata Kodim 0718 Pati dalam Pelaksanaan Program  ODF (OPEN DEFECATION FREE) atau bebas buang air besar sembarangan terutamanya di Desa Bumiharjo Kecamatan Winong Kabupaten pati yang masih terdapat beberapa warga yang belum memiliki jamban permanen berupa WC (water closed) dan masih adanya beberapa warga yang buang air besar sembarangan.

Dari 17 unit tersebut teralokasi di 2 Dukuh yang ada di Desa Bumiharjo yaitu 10 di Dukuh Kedawung dan 7 di Dukuh Botok. Bantuan  ini sifatnya adalah stimulan karena untuk proses pengerjaannya warga masih harus menyediakan beberapa material yang diperlukan yakni pasir, bata dan semen. Bagi warga yang benar-benar tidak mampu dalam pembuatan WC tersebut Pemerintah Desa membantu Dalam pengerjaanya dari segi Tenaga tukang begitu juga Anggota Koramil 18 Winong yang turut serta membantu proses penggalian Bis beton sebagai Septictank. hal tersebut sesuai Program KODIM 0718 PATI yakni Penyelenggaraan Karya Bakti Jambanisasi Semester II TA. 2018 di Desa Bumiharjo dengan Tema ” MELALUI KARYA BAKTI TNI SATKOWIL, KITA TINGKATKAN TARAF HIDUP MASYARAKAT YANG BERSIH DAN BERMANFAAT SERTA MENYIAPKAN RUANG, ALAT DAN KONDISI JUANG SECARA DINI UNTUK KEPENTINGAN PERTAHANAN NEGARA” demikian seperti yang disampaikan oleh  Pelda  Sutar selaku BATITUUT.

Sinergitas yang Baik antara Kodim 0718 dan Pemerintah Desa Bumiharjo harapan ke depannya bisa lebih ditingkatkan dalam kesehatan berupa bantuan serupa di tahun tahun yang akan datang guna pengentasan BABS ( Buang Air Besar Sembarangan ) atau Jamban Kakus yang kurang higienis yang berpotensi menularkan penyakit yang di tularkan lewat lalat misal. Diare, Kolera dan Pencemaran Udara yang kurang baik seperti harapan yang disampaikan Kepala UPT.D PUSKESMAS WINONG I bapak Muhadi,S.KM,MM dalam Musrenbangdes tanggal 12 Nopember 2018.

Begitu juga himbauan Bidan Desa Sdr. FIFIT HIDAYATI, Am.Keb. di dalam kegiatan bulanan FKD (Forum Kesehatan Desa) bahwa kedepan Desa Bumiharjo Bisa ODF atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan dan harapan lain untuk warga Walaupun Belum memiliki WC setidaknya  mempunyai Jamban yang sehat seperti yang diharapkan. Dan warga yang belum mendapatkan bantuan diharapkan bersabar karena Program tersebut masih berkelanjutan untuk tahun kedepannya.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan