TIPS PENCEGAHAN PENULARAN VIRUS CORONA

Oleh        :  Siti Halimah

Prodi       :  Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Dunia saat ini di gegerkan oleh hadirnya Virus Yang berasal dari Wuhan China di Akhir Tahun 2019 dan  masuk di Indonesia  di awal Tahun 2020. Masyarakat di landa kecemasan ketakutan akan virus yang diberi nama Coronavirus Disease 19 atau biasa di sebut Covid-19, karena informasi pemberitaan yang simpang siur yang mereka ketahui adalah Virus  yang mematikan.

Berdasarkan hal tersebut diatas, pada artikel ini akan di ulas tentang Covid-19 ini baik gejala awal maupun cara pencegahannnya. Ketika seseorang sudah terpapar oleh Virus Corona biasanya akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut, Flu, Batuk, Pilek dan Demam tinggi. Apabila  si penderita sudah mengalami ciri-ciri seperti ini, segeralah lakukan penanganan medis yang tepat karena bila gejala ini berkelanjutan, seseorang sudah terinfeksi akan mengalami sesak nafas karena paru-paru sudah terinfeksi atau biasa di sebut Pneumonia.

Dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) menghimbau kepada warga masyarakat dunia untuk tidak memandang sebelah mata tentang Penyakit Corona ini. karena sudah mewabah sebagian penduduk dunia (Pandemi), agar tidak banyak memakan korban lebih banyak alangkah baiknya lakukan hal-hal pencegahan penyebaran Covid-19 di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Gunakan masker bila keluar rumah

Penggunaan masker sangat dianjurkan sekali pada masa Pandemi seperti saat ini, baik yang terinfeksi maupun bagi kita yang sehat. Karena masker bagi yang terinfeksi menutup virus keluar bebas ketika sedang bersin atau batuk. Sedangkan bagi yang sehat bisa melindungi dari virus yang berada di udara bebas.

Pada awal Pandemi masker sempat mengalami kelangkaan Karena ulah para spekulan yang ingin meraih untung besar di masa sulit. Hingga akhirnya Pemerintah sempat menganjurkan pemakaian masker baik yang tipe medis maupun non medis, yang penting bisa melindungi diri dari virus di udara bebas.

Gunakan masker sesuai petunjuk aturan, bila masker medis efektifnya lebih dari 6 jam hendaknya di buang sedangkan masker non medis berbahan kain bisa di pakai kembali dengan di cuci dengan sabun yang bisa mematikan virus.

  1. Mencuci tangan dengan sabun.

Cucilah tangan dengan benar ketika mau makan maupun selesai beraktifitas, utamanya setelah kontak dengan orang lain. Cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir minimal 20 detik, basuhi semua permukaan tangan baik telapak maupun punggung tangan, bersihkan juga di sela-sela jari, pergelangan tangan serta kuku dan selanjutnya keringkan dengan lap kering atau tissue.

Selain cuci tangan, cara lain yang bisa di lakukan bila kita tidak menemukan tempat cuci tangan adalah menyediakan hand sanitizer sendiri ketika bepergian yang kita simpan baik di saku, di tas maupun di mobil. Hand Sanitizer yang dianjurkan adalah yang berkadar Alkohol minimal 60% karena lebih efektif membunuh virus maupun bakteri..

  1. Menjaga imunitas tubuh.

Cara agar imunitas atau daya tahan tubuh terjaga, berolahragalah dengan  teratur, makan makanan yang sehat seimbang contohnya buah-buahan, sayuran dan makanan yang berprotein serta bisa menambahkan suplemen kesehatan sesuai petunjuk aturan. Berjemur di terik matahari di pagi hari, beristirahatlah dengan cukup dan Terapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

  1. Terapkan jaga jarak dan isolasi mandiri.

Pembatasan fisik dengan jaga jarak adalah salah satu cara efektif untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Tidak bepergian keluar rumah kecuali hal-hal penting seperti belanja bahan makanan. Jaga jarak antar sesama minimal 1.5 meter di tempat umum atau di tempat yang banyak berkerumunnya masa dan jangan lupa tetap mengunakan masker.

Jika dalam diri anda terdapat salah satu gejala Covid-19, pernah melakukan bepergian atau tinggal  di wilayah terjangkit Virus Corona selama 14 hari terakhir, atau pernah berhubungan dengan sesorang yang pernah dinyatakan positif Covid-19 alangkah baiknya anda melakukan isolasi mandiri bisa di rumah maupun di tempat anda merasa nyaman. Isolasi mandiri disarankan bagi seseorang yang berpotensi resiko tinggi seperti Manula maupun seseorang yang terjangkit penyakit penyerta contohnya Gula darah tinggi, tekanan darah tinggi dan imunitas rendah

  1. Membersihkan rumah daan peralatan rumah secara berkala.

Hal yang tidak kalah penting dalam pencegahan penyebaran Virus -19 adalah menjaga selalu kebersihan rumah baik di dalam rumah maupun di luar rumah, karena Virus-19 ini mampu bertahan hidup di media tertentu sampai 24 jam. Untuk itu bersihkan alat-alat maupun perabot yang ada di rumah dengan disinfektan maupun sabun seperti meja, kursi, pintu, Kendaraan serta alat-alat kerja di kantor atau sekolahan misalnya Laptop, kalkulator, bulpoint, tas serta alat lainnya. Gunakan sarung tangan saat membersihkan perabotan maupun alat tersebut dengan harapan tidak tertular dari virus yang sudah menempel pada alat tersebut.

Apabila anda  mengalami salah satu gejala yang mengarah pada ciri-ciri terjangkitnya Virus-19 segeralah periksa di Fasilitas Kesehatan agar mendapatkan pelayanan yang tepat supaya bisa tertangani gejala sakit anda tidak lebih parah.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan